Novera, Arfianna (2021) (Similarity) PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM PENGAWASAN KLAUSULA BAKU DI KOTA PALEMBANG. Turnitin Universitas sriwijaya. (Submitted)
Preview |
Text
Turnitin Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Palembang dalam mengawasi klausula baku dan hambatan-hambatan dalam pengawasan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris didukung pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BPSK dalam pengawasan pencantuman klausula baku sampai saat ini belum terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan BPSK hanya menunggu pengaduan dari konsumen dan tidak ada tindak lanjut dari BPSK. Sedangkan hambatan dalam pengawasan klausula baku adalah belum adanya aturan pelaksanaan sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 52 huruf (e) UU Perlindungan Konsumen, BPSK bukan lembaga yudisial, dan biaya operasional BPSK dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah serta keanggotaan BPSK yang berasal dari konsumen, pelaku usaha dan pemerintah dengan kultur yang berbeda.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs Arfiana Novera |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 09:45 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 09:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50307 |
Actions (login required)
View Item |