SAPUTRI, MIA and Somakim, Somakim and Aisyah, Nyimas (2021) PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN KONTEKS RUMAH ADAT LAHAT DI KELAS VII. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081181722012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181722012_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (26MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081181722012_0006046302_0010116402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (630kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081181722012_0006046302_0010116402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (429kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181722012_0006046302_0010116402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181722012_0006046302_0010116402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181722012_0006046302_0010116402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (105kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181722012_0006046302_0010116402_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (114kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181722012_0006046302_0010116402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahamna konsep siswa pada pembelajaran materi segiempat dan segitiga dengan konteks rumah adat lahat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII.4 di smp negeri 1 tanjung raja yang berjumlah 15 orang dengan metode penelitian deskriptif dan menggunakan model pembelajaran flipped classroom dilaksanakan sebanyak 4 pertumuan yaitu 2 pertemuan online dan 2 pertemuan offline. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis pemahaman konsep berupa soal uraian materi segiempat dan segitiga dengan konteks rumah adat lahat dan tes wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan pedoman penskoran ( adaptasi mawaddah & maryanti , 2016 ) untuk soal tes, sedangkan tes wawncara digunakan untuk menarik kesimpulan dari hasil analisis wawancara terhadap siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa sudah cukup baik. Indikator yang sering muncul antara lain menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek - objek berdasarkan terpenuhi atau tidak terpenuhi syarat - syarat suatu konsepdan mengidentifikasi sifat - sifat operasi atau konsep. Sedangkan indikator yang jarang muncul yaitu menerapkan konsep secara logis dan menyajikan konsep dalam berbagai macam representasi matematis . Penggunaan model pembelajaran flipped classroom juga cukup membantu siswa dalam memahami konsep pada materi segiempat dan segitiga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Segiempat dan Segitiga, Flipped Classroom, Rumah Adat Lahat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Mia Saputri |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 04:32 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 04:32 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/51470 |
Actions (login required)
View Item |