PENGARUH KONFERENSI VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

ARIENY, MUTIARA and Tibrani, Mgs Muhammad and Santri, Didi Jaya (2021) PENGARUH KONFERENSI VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (971kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091181722047_0012027901_0019056802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang memperlihatkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SMAN 10 Palembang pada pembelajaran biologi masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa proses pembelajaran elektronik yang dilaksanakan di SMAN 10 Palembang masih menerapkan pembelajaran asinkron sehingga interaktivitas antara pendidik dan peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan konferensi video pada materi ekosistem terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas X SMAN 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi-eksperimen. Metode yang digunakan yaitu nonequivalent control group design yaitu peneliti akan membagi peserta didik secara acak menjadi dua kelompok, meliputi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen (kelas X MIA 2) melaksanakan pembelajaran elektronik menggunakan konferensi video. Sedangkan, kelompok kontrol (kelas X MIA 4) melaksanakan pembelajaran elektronik tidak menggunakan konferensi video. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes hasil belajar biologi sedangkan untuk instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan konferensi video pada materi ekosistem dapat meningkatkan aktivitas belajar. Berdasarkan hasil uji Ancova diperoleh nilai signifikansi senilai 0,000 yang kurang dari α =0,05. Kesimpulan hasil penelitian adalah penggunaan konferensi video pada materi ekosistem berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X SMAN 10 Palembang. Kata Kunci: Konferensi Video, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konferensi Video, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LA History of education > LA173-186 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Assessment Recapitulation (Rekapitulasi Hasil Penilaian/DPNA)
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Action Planing and Recomendation
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Mutiara Arieny
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:25
Last Modified: 09 Aug 2021 07:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/51894

Actions (login required)

View Item View Item