ELITA, FUJI and Hapsari ENH, Dyah and Yunindyawati, Yunindyawati (2006) PEMBINAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH BI PANTI SOSIAL BINA REMAJA INDERALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_69201_07013102018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_69201_07013102018_0003067503_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Preview |
Text
RAMA_69201_07013102018_0003067503_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07013102018_0003067503_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07013102018_0003067503_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07013102018_0003067503_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07013102018_0003067503_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07013102018_0003067503_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Pembinaan Remaja Putus Sekolah Di Panti Sosial Bina Remaja". Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan remaja putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya, manfaat yang didapat siswa setelah mengikuti pembinaan di Panti Sosial Bina Remaja serta kendala yang dialami Panti Sosial Bina Remaja Indralaya dalam membina remaja putus sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan yang dilakukan Panti Sosial Bina Remaja Indralaya tehadap remaja putus sekolah, untuk mengetahui manfaat yang didapat oleh siswa setelah mengikuti pembinaan serta kendala-kendala yang dihadapi panti dalam membina remaja putus sekolah. Adapun Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah dapat menambah pengetahuan khususnya sebagai wacana pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan. Bentuk pendidikan seperti apa yang pantas diberikan kepada remaja putus sekolah agar dapat berdaya guna di masa yang akan datang. Sedangkan manfaat praktisnya, hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan atau sumbangan bagi instansi pemerintah yang berkecimpung di bidang sosial khususnya para pekerja sosial agar di masa mendatang dapat meningkatkan kinerja mereka. Terutama dalam mengurangi masalah-masalah sosial khususnya masalah remaja putus sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan data deskriptif dari fenomena yang diteliti. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yaitu teknik yang bertujuan mengambil informan dari orang-orang yang benar-benar mengetahui permasalahan yang diteliti. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola panti yaitu para pegawai Panti Sosial Bina Remaja sebanyak empat orang serta tiga orang remaja putus sekolah yang sedang dibina dipanti sebagai informan pendukung. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan remaja putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya adalah dengan memberikan bimbingan fisik, mental, sosial yang berdampak terhadap siswa tersebut setelah keluar dari Panti Sosial Bina Remaja Inderalaya dan telah mempunyai ketrampilan dalam bekerja dan bisa mandiri tidak bergantung lagi kepada orang lain terutama orang tuanya dan tidak melakukan tindakan yang negatif dimasyarakat karena telah dididik dengan moral dan etika yang baik. Manfaat yang didapat oleh siswa Panti Sosial Bina Remaja Indralaya setelah mengikuti pembinaan adalah mempunyai keterampilan setelah keluar dari panti karena telah dibina keterampilan berdasarkan minat yang di ikuti siswa tersebut. Kendala yang dialami Panti Sosial Bina Remaja dalam membina remaja putus sekolah adalah kenakalan siswa pada saat belajar, masalah pendanaan, dan kurangnya sarana dan prasarana dalam menunjang proses belajar. Kata Kuci: Pembinaan, Remaja, Putus Sekolah dan Panti Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Remaja, Putus Sekolah dan Panti Sosial |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) > JA27-34 Societies |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 07:55 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 07:55 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52147 |
Actions (login required)
View Item |