PROBLEMATIKA PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MUARA ENIM

RIVALDO, MUHAMMAD ARIF and Ernaningsih, Wahyu and Helmanida, Helmanida (2021) PROBLEMATIKA PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_06_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_07_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344_0024025701_0021025706_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381621344_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011381621344_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Problematika Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muara Enim. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2019 tentang Standarisasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Terhadap Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat di Kabupaten Muara Enim dan Apa saja Problematika yang Dihadapi Kabupaten Muara Enim Dalam Penerapan Pelayanan Publik. Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan Pendekatan Empiris, metode penelitian hukum ini berfungsi untuk melihat hukum dalam artian nyata dan meneliti baggaimana bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat. Permasalahan Pelayanan Publik di Kabupaten Muara Enim yang memasuki Zona Merah pada tahun 2018 sebagaimana dilaporkan oleh Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sumatera Selatan dengan memperoleh nilai 44,17, hingga pada akhirnya Kabupaten Muara Enim mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Standarisasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kabupaten Muara Enim. Pelayanan Publik yang sebelumnya memasuki Zona Merah dan menjadi Zona Hijau setelah Peraturan Daerah tersebut mendapatkan Perubahan. Perubahan tersebut menjadi suatu alasan terjadinya standarisasi yang sebelumnya buruk menjadi lebih baik maka dari itu Penerapan atas Peraturan Daerah tersebut menjadikan peningkatan kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Muara Enim. Sejatinya Pelayanan Publik merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga penerapan Peraturan Daerah tersebut haruslah di implementasikan sepenuhnya oleh seluruh penyedia Pelayanan Publik di Kabupaten Muara Enim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problematika,pelayanan publik
Subjects: K Law > K Law (General) > K1700-1973 Social legislation
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Muhammad Arif Rivaldo
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:14
Last Modified: 29 Sep 2021 03:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52696

Actions (login required)

View Item View Item