Analisis Biokimia Darah Kerbau Rawa (Bubalus bubalis) Pampangan Berdasarkan Kandungan Kolesterol, Kalsium dan Protein (Pembimbing)

Aprisinta, Aprisinta and Windusari, Yuanita and Hanum, Laila (2015) Analisis Biokimia Darah Kerbau Rawa (Bubalus bubalis) Pampangan Berdasarkan Kandungan Kolesterol, Kalsium dan Protein (Pembimbing). Jurusan Biologi Fakultas MIPA.

[thumbnail of 35. 5290 Pembimbing Skripsi (Aprisinta).pdf]
Preview
Text
35. 5290 Pembimbing Skripsi (Aprisinta).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Rambutan dan Kecamatan Pampangan di daerah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan diketahui memiliki 4 varian kerbau rawa yaitu kerbau rawa varian hitam, merah, belang dan lampung. Keempat varian ini diketahui karena karakteristik dan morfologinya yang berbeda. Berdasarkan pernyataan tersebut maka di yakini bahwa terdapat pula perbedaan kandungan biokimia darah dari keempat varian kerbau tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji dan menganalisis seberapa besar kandungan biokimia darah kerbau rawa (Bubalus bubalis) tersebut berdasarkan nilai kolesterol, kalsium dan protein. Metodologi yang digunakan untuk menganalisis kandungan biokimia darah dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari vena jugularis setiap varian kerbau rawa Pampangan, kemudian sampel darah yang didapatkan dimasukkan ke dalam tabung antikoagulan EDTA lalu sampel darah disimpan di termos es dan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pemisahan serum dengan cara sentrifugasi dengan kecepatan 4000 rpm selama 10 menit. Analisis biokimia darah dilakukan di Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gadjah Mada (LPPT UGM). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan yaitu 1.) Nilai kandungan kolesterol pada keempat varian kerbau rawa Pampangan berkisar antara 125,49-166,08 mg/dl. 2.) Nilai kandungan kalsium pada keempat varian kerbau rawa Pampangan berkisar antara 6,21-9,24 mg/dl. dan 3.) Nilai kandungan protein pada keempat varian kerbau rawa Pampangan berkisar antara 6,68-6,84 g/dl relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kisaran kandungan kalsium pada ternak ruminansia yang berkisar antara 5,6 g/dl.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Laila Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2021 13:45
Last Modified: 08 Sep 2021 13:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52783

Actions (login required)

View Item View Item