Dugaan Stok Cadangan Karbon dari Biomassa Pohon dalam Kawasan Green Barrier Industri Petrokimia Di Palembang (Pembimbing)

Amalia, Risma Vivi and Zulkifli, Hilda and Hanum, Laila (2015) Dugaan Stok Cadangan Karbon dari Biomassa Pohon dalam Kawasan Green Barrier Industri Petrokimia Di Palembang (Pembimbing). Jurusan Biologi Fakultas MIPA.

[thumbnail of 35. 5290 Pembimbing Skripsi (Risma Vivi Amalia).pdf]
Preview
Text
35. 5290 Pembimbing Skripsi (Risma Vivi Amalia).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemanasan global menunjukkan pentingnya fungsi ekologis hutan sebagai penyerap karbon di atmosfer dan menambah arti penting konservasi hutan selain untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis pohon yang ada di Green Barrier di kawasan yang terpapar langsung sesuai arah angin dominan PT.PUSRI, mengetahui cadangan karbon yang tersimpan pada pohon yang ditanam di Green Barrier dan mengetahui jenis pohon yang berpotensi besar dalam penyerapan karbon di Green Barrier dikawasan yang terpapar langsung dengan PT.PUSRI. Penelitian ini dilaksankan pada bulan Desember 2014 hingga Februari 2015 bertempat di Laboratorium Riset Terpadu Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan 3 transek yang terdiri dari 5 plot. Hasil yang didapatkan adalah 72 individu tanaman tingkat pohon yang termasuk ke dalam 5 famili, dikawasan terpapar langsung dengan PT.PUSRI berpotensi menyerap karbon tersimpan sebesar 51,163 ton/ha dan Swietenia macrophylla King. sebagai pohon yang diduga menyimpan karbon paling banyak sebesar 826,579 kg/pohon.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Laila Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2021 13:45
Last Modified: 08 Sep 2021 13:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52785

Actions (login required)

View Item View Item