PENGARUH PERMAINAN ESTAFET PUZZLE TERHADAP KERJA SAMA ANAK KELOMPOK A TK IT IZZUDDIN PALEMBANG (Similarity)

Melia, Risti and Sumarni, Sri and Syafdaningsih, Syafdaningsih (2020) PENGARUH PERMAINAN ESTAFET PUZZLE TERHADAP KERJA SAMA ANAK KELOMPOK A TK IT IZZUDDIN PALEMBANG (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Plagiarism and Similarity Checker_PENGARUH PERMAINAN ESTAFET PUZZLE TERHADAP KERJA SAMA ANAK KELOMPOK A TK IT IZZUDDIN PALEMBANG.pdf]
Preview
Text
Plagiarism and Similarity Checker_PENGARUH PERMAINAN ESTAFET PUZZLE TERHADAP KERJA SAMA ANAK KELOMPOK A TK IT IZZUDDIN PALEMBANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan estafet puzzle terhadap kerja sama anak TK IT Izzuddin Palembang, yang meliputi 4 indikator: (1) interakasi, (2) bertanggung jawab, (3) saling membantu, (4) berkontribusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen dengan desain One Shoot Case Study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 20 anak. Perlakuan dilakukan sebanyak 4 kali dan masing�masing dilakukan posstest. Posstest menggunakan alat berupa lembar observasi yang ditampilkan dalam bentuk skor tes. Nilai pada setiap posstest dijumlahkan dibagi 4 didapatkan nilai rata-rata 73,9. Sebagai data yang dihipotesiskan adalah data yang terdapat di kelas batas bawah interval nilai kategori BSH yaitu 63. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2,53 ≥ nilai ttabel = 1,73 dengan taraf signifikan 5% dan dk = (19) sehingga disimpulkan terdapat pengaruh bermain estafet puzzle terhadap kerjasama anak kelompok A TK IT Izzuddin Palembang. Hal ini dapat ini dapat dibuktikan bahwa pada kondisi awal nilai rata-rata kerja sama anak dengan interpetasi Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 50% yaitu berjumlah 10 anak, kemudian anak dengan interprestasi Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar (20%) yaitu berjumlah 4 anak, selanjutnya anak dengan interprestasi Mulai Berkembang (MB) sebesar (20%) yaitu berjumlah 4 anak, sedangkan anak dengan interprestasi Belum Berkembang (BB) sebesar (10%) yaitu berjumlah 2 anak. Sehingga disimpulkan terdapat pegaruh yang sigifikan permainan estafet puzzle terhdap kerja sama anak.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dr. SRI SUMARNI, M.Pd
Date Deposited: 08 Sep 2021 15:52
Last Modified: 08 Sep 2021 15:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52910

Actions (login required)

View Item View Item