FITRI, FITRI and Rogaiyah, Rogaiyah and Sartika, Diana Dewi (2014) PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) ( STUDI PADA SMA NEGERI 11 KOTA PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_69201_07091002006.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (81MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_69201_07091002006_0011028001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (32MB) | Preview |
Text
RAMA_69201_07091002006_0011028001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07091002006_0011028001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07091002006_0011028001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07091002006_0011028001_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07091002006_0011028001_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) (Studi Pada SMA Negeri 11 Kota Palembang)”. permasalahan dalam penelitian ini adalah : Pertama, bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 11 Palembang. Kedua, apa tanggapan siswa SMA Negeri 11 Palembang terhadap pembelajaran Sosiologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 5 guru sosiologi dan 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 guru sosiologi termaksud ketua musyawarah guru mata pelajaran sosiologi (MGMP), tidak ada dari disiplin ilmu sosiologi. Adapun yang lainnya berasal dari jurusan sejarah, dan pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan. Hal ini menyebabkan guru tersebut terbentur dalam pengembangan pembelajaran sosiologi dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran Sosiologi dapat dilihat dari beberapa tahap yaitu : motivasi sebagai awal proses pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan alat bantu atau fasilitas mengajar yang digunakan, metode penilain yang digunakan. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran Sosiologi menunjukkan bahwa motivasi, media, metode dan evaluasi yang diberikan guru di dalam kelas dikategorikan cukup baik. Kata Kunci: Proses pembelajaran, guru sosiologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses pembelajaran, guru sosiologi. |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) > JA27-34 Societies |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:16 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 01:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/53409 |
Actions (login required)
View Item |