KARAKTERISTIK MOTOR BLDC 350WATT DENGAN MENGGUNAKAN CONTROLLER KUSTOM PADA KENDARAAN PROTOTYPE LISTRIK SAMARATUNGGA EV

HANGGORO, TRI and Yani, Irsyadi (2021) KARAKTERISTIK MOTOR BLDC 350WATT DENGAN MENGGUNAKAN CONTROLLER KUSTOM PADA KENDARAAN PROTOTYPE LISTRIK SAMARATUNGGA EV. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_0025127104_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_21201_03051281621061_0025127104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_0025127104_02.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061_0025127104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_0025127104_03.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061_0025127104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (759kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_0025127104_04.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061_0025127104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_0025127104_05.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061_0025127104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_0025127104_06_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061_0025127104_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (767kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281621061_0025127104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03051281621061_0025127104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mobil listrik saat ini dianggap sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi kendaraan masa depan sebagai pengganti kendaraan berbahan bakar fosil pasalnya mobil listrik termasuk ke dalam kategori kendaraan yang ramah lingkungan atau dengan sebutan tidak menambah polusi udara, dan juga mobil listrik adalah kendaraan yang mengusung konsep hemat energi. Motor listrik adalah suatu perangkat elektromagnetik yang digunakan untuk mengkonversi atau mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Hasil konversi ini atau energi mekanik ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti digunakan untuk memompa suatu cairan dari satu tempat ke tempat yang lain pada mesin pompa, untuk meniup udara pada blower, digunakan sebagai kipas angin, dan keperluan – keperluan yang lain. Controller pada motor DC brushless berperan sangat penting dan dapat dikatakan sebagai penunjang utama operasi motor DC brushless karena membutuhkan suatu trigger pulsa yang masuk ke bagian elektromagnetik (stator) motor untuk memberikan pengaturan besarnya arus yang mengalir sehingga putaran motor dapat diatur secara akurat. Pengujian dilakukan dengan cara mengkarakteristikan kontroler pada kendaraan, dengan cara kendaraan berjalan sejauh satu kilometer menggunakan kecepatan 10km/jam sampai kecepatan 50km/jam. Sebelum kendaraan dijalankan batre pada kendaraan diisi sampai penuh, syarat ini berlaku setiap pengujian jalan. Brushless DC Motor dioperasikan dengan kecepatan konstan yang sudah ditentukan. Sehingga didapatkan data konsumsi dan energi yang digunakan. Setelah itu pengujian dilakukan langsung pada kendaraan prototype listrik Samaratungga. Pada proses pengambilan data ini mobil dijalankan sejauh 10 KM dengan konfigurasi rasio gear, tuas gas secara manual oleh driver dan steering alignment. Maka didapatkan hasil terbaik 204km/kwh dalam waktu 24 menit 58 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motor Listrik, BLDC, Kontroler dan KwH Meter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ807-830 Renewable energy sources > TJ808.2.S6625 Renewable energy sources--Electric power production
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-4050 Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.13.D43 Electric vehicles--Power supply. Electric automobiles--Power supply. Fuel cells--Costs. Fuel cells--Government policy--United States. Electric vehicle industry. Fuel cell vehicles.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-484 Motor vehicles. Cycles > TL221.13.D43 Electric vehicles--Power supply. Electric automobiles--Power supply. Fuel cells--Costs. Fuel cells--Government policy--United States. Electric vehicle industry. Fuel cell vehicles.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-484 Motor vehicles. Cycles > TL221.13.H65 Electric vehicles--Power supply. Fuel cells
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Tri Hanggoro
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:02
Last Modified: 10 Sep 2021 08:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/53783

Actions (login required)

View Item View Item