PENENTUAN SEGMENTASI PASAR MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING UNTUK MENGETAHUI MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF PADA UNIVERSITAS TERBUKA (UT) PALEMBANG

KRISMON, ADELIA MARETA and Heroza, Rahmat Izwan (2021) PENENTUAN SEGMENTASI PASAR MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING UNTUK MENGETAHUI MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF PADA UNIVERSITAS TERBUKA (UT) PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (990kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_06.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_07.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381621060_0030068703_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031381621060_0030068703_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proses penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Terbuka Palembang setiap tahun menghasilkan data yang sangat banyak berupa profil calon mahasiswa. Kegiatan tersebut menimbulkan penumpukan data dalam jumlah besar, hal ini menjadi kesulitan untuk melakukan identifikasi terhadap data calon mahasiswa. Data tersebut dapat dikelola agar mendapatkan pola atau informasi penting sebagai rujukan institusi untuk mengambil sebuah keputusan, salah satunya untuk menentukan media promosi. Penentuan media promosi yang tepat dapat meningkatkan daya saing dan pemerataan mahasiswa disetiap daerah. Penelitian ini membahas tentang penerapan data mining, menggunakan algoritma K-Means clustering untuk menghasilkan profil yang memiliki kemiripan atribut data yang sama. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah CRISP-DM. Atribut yang digunakan umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir, media promosi, program studi, dan daerah asal. Data yang akan di proses data dari tahun 2017, 2018, dan 2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, menghasilkan jumlah data mahasiswa terbagi menjadi 3 cluster. Dari data tersebut bisa dilihat profil mahasiswa berdasarkan data media promosi yang efektif. Misalkan pada data tahun 2017 menghasilkan profil data berupa data mahasiwa dengan rata – rata umur 22 tahun, berjenis kelamin perempuan, dengan riwayat pendidikan terakhir SLTA, program studi yang diambil PGSD S1, dan mahaisiwa berdomisili di kota Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, K-Means, Clustering, CRISP-DM, Data Mahasiswa, Media Promosi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75-76.95 Calculating machines > QA76.9.D343 Data mining. Database searching. Big data.
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems > T58.6 General works Industrial engineering Information technology. Information systems (General) Management information systems -- Continued
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Adelia Mareta Krismon
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:52
Last Modified: 22 Sep 2021 02:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/54368

Actions (login required)

View Item View Item