HARDIANTI, SITI and Safitri, Sani and Susanti, L. R. Retno (2021) PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 MENDO BARAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87201_06041181722020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041181722020_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_87201_06041181722020_0001086901_002056301_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (806kB) | Preview |
Text
RAMA_87201_06041181722020_0001086901_002056301_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041181722020_0001086901_002056301_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041181722020_0001086901_002056301_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041181722020_0001086901_002056301_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (69kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041181722020_0001086901_002056301_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (93kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041181722020_0001086901_002056301_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Mendo Barat.”. Adapun rumusan masalah dari penelitian apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mendo Barat. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Januari sampai dengan 27 Februari 2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang dalam penerapannya menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Mendo Barat. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1 dan kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Adapun statistik dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf sederhana 0,05. Dalam penghitungan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 7,3 > 2,002. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Mendo Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kartu arisan, pengaruh, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA173-186 Higher education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Siti Hardianti |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 07:29 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 07:29 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/54847 |
Actions (login required)
View Item |