PERILAKU PASIEN DALAM PEMANFAATAN KARTU JAMKESMAS DI BANGSAL PENYAKIT DALAM PADA RUMAH SAKIT UMUM DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG

KURNIAWAN, DEDE and Taqwa, Ridhah and Yanti, Mery (2014) PERILAKU PASIEN DALAM PEMANFAATAN KARTU JAMKESMAS DI BANGSAL PENYAKIT DALAM PADA RUMAH SAKIT UMUM DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_69201_07081002015.pdf] Text
RAMA_69201_07081002015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_02.pdf] Text
RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_03.pdf] Text
RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_04.pdf] Text
RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (925kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_05_ref.pdf] Text
RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_06_lamp.pdf] Text
RAMA_69201_07081002015_0031126609_0004057701_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perilaku Pasien Dalam Pemanfaatan Kartu Jamkesmas di Bangsal Penyakit Dalam Pada Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang”, yang mengkaji permasalahan mengenai perilaku pasien dalam memanfaatkan program jamkesmas serta sejauh mana pasien jamkesmas ini diberikan pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pasien yang dirawat di Bangsal Penyakit Dalam dapat memanfaatkan fasilitas program kartu jamkesmas yang ada di Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan unit analisisnya adalah individu di dalam lembaga yaitu tenaga medis ( dokter, perawat ), serta pasien yang mendapatkan kartu jamkesmas di Bangsal Penyakit Dalam pada Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Proses analisis data melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Jamkesmas belum terlaksana dengan baik sesuai ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia diamanatkan bahwa kesehatan merupakan salah satu aspek dari hak asasi manusia sebagaimana tercantum dalam pasal 28 H ayat (1) : “setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat dan berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Hal ini terlihat dari perilaku yang muncul atas pelayanan Jamkesmas yang teijadi selama ini bahkan sering dimuat di berbagai media baik elektronik maupun cetak. Demikian juga halnya berdasarkan hasil penelitian penulis di Bangsal Penyakit Dalam masih ditemukan ketidakpuasan pasien atas pelayanan Jamkesmas ini, sehingga memunculkan perilaku-perilaku yang tidak sesuai dan diharapkan dalam pelaksanaan penyelenggaraan program Jamkesmas. Melalui penelitian ini peneliti berharap dapat meminimalisir perilaku-perilaku yang muncul tadi sehingga pelaksanaan Jamkesmas khususnya di Bangsal Penyakit Dalam dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan standar mutu pelayanan kesehatan dan misi program Jamkesmas itu sendiri. Kata Kunci: Pasien, Jamkesmas, Penyakit Dalam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pasien, Jamkesmas, Penyakit Dalam
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 06 Oct 2021 16:19
Last Modified: 15 Feb 2022 00:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/55567

Actions (login required)

View Item View Item