ZULHIJAH, SUCIE EKAWATY and Hapsari ENH, Dyah and Kurniawan, Rudy (2014) PERANAN KELOMPOK SEBAYA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SISWI SMP NEGERI 9 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_69201_07101002042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (71MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_69201_07101002042_0001016025_0011018003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (31MB) | Preview |
Text
RAMA_69201_07101002042_0001016025_0011018003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07101002042_0001016025_0011018003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07101002042_0001016025_0011018003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07101002042_0001016025_0011018003_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07101002042_0001016025_0011018003_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini beijudul “Peranan Kelompok Sebaya Dalam Aktivitas Pembelajaran Pada Siswi SMP Negeri 9 Palembang”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses terbentuknya kelompok sebaya pada siswi SMP Negeri 9 Palembang dan bagaimana peranan kelompok sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan unit analisis siswi SMP Negeri 9 Palembang dengan rentang umur dua belas sampai lima belas tahun yang mempunyai kelompok sebaya. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam pada 12 informan serta dengan melakukan observasi secara langsung dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan data dan hasil temuan yang diperoleh di lapangan, penelitian ini menggambarkan bahwa proses terbentuknya kelompok sebaya pada siswi SMP Negeri 9 Palembang adalah dengan interaksi sosial antara anak dengan teman-teman kelompok sebayannya. Bentuk interaksi sosial tersebut adalah interaksi yang terus menerus dilakukan sehingga mereka sangat mudah untuk saling mempengaruhi, menciptakan lingkaran sosial, dan membentuk kedekatan sehingga mereka saling tergantung satu sama lain. Dimana sesuai dengan gagasan George Simmel mengenai tipe dan bentuk interaksi sosial yang disebut “Geometri Sosial” yaitu jumlah, ukuran kelompok, dan jarak. Selain itu peranan kelompok sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang yaitu menjadi penyemangat untuk saling men-support semangat belajar, mempengaruhi keseriusan belajar, penyemangat bersekolah, dan bisa juga menjadi pengaruh negatif dalam belajar, serta dapat mempengaruhi prestasi dalam pendidikan. Kata Kunci : Peranan. Kelompok Sebaya. Aktivitas Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan. Kelompok Sebaya. Aktivitas Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 07:47 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 07:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/56962 |
Actions (login required)
View Item |