MASSANI, TRI MIRANDA AGUSTINI and Robijanto, Antonius Suhadi Agus and Ahmaturrahman, Ahmaturrahman (2011) TANGGUNG JAWAB PENGELOLA PARKIR TERHADAP PENITIP KENDARAAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_52071001002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (48MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_74201_52071001002_0012125203_0030056401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Preview |
Text
RAMA_74201_52071001002_0012125203_0030056401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_52071001002_0012125203_0030056401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_52071001002_0012125203_0030056401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_52071001002_0012125203_0030056401_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (894kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_52071001002_0012125203_0030056401_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul; ’Tanggung Jawab Pengelola Parkir terhadap Penitip Kendaraan” dengan permasalahan yaitu; 1) Bagaimana tanggung jawab pengelolaparkir terhadap penitip kendaraan di perparkiran? dan 2) Berapa besar ganti rugi yang harus diganti terhadap kehilangan penitip kendaraan di perparkiran?. Upaya pemberdayaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen ini penting karena tidak mudah mengharapkan kesadaran pelaku usaha yang pada dasarnya mempunyai prinsip untuk memperoleh keuntungan yang sebesarbesarnya dengan mengorbankan yang sekecil-kecilnya sebagaimana yang termaktub dalam prinsip ekonomi. Ketentuan perlindungan konsumen pelaku usaha bertanggung terhadap kerugian yang diderita konsumen, namun pihak pelaku usaha masih tetap menyalahkan pihak konsumen karena dianggapnya kelalaian konsumen. Berdasarkan ketentuan pasal 18 ayat 1 UU Perlindungan Konsumen, pihak pelaku usaha menyatakan tidak begitu paham dengan UU tersebut. Kalau dituntut pelaku usahalah yang bertanggung jawab atas kehilangan kondaraan dan alat perlengkapan kendaraan namun tetap pihak pelaku usaha tidak akan menggantinya. Tugas dan wewenang BPSK berdasarkan ketentuan pasal 52 UU Perlindungan Konsumen meliputi melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa konsumen, dengan cara melalui mediasi atau arbitrase atau konsiliasi. Pasal pasal dari sengketa konsumen di luar pengadilan dengan perantaraan BPSK untuk mempertemukan pihak yang bersengketa dan penyelesaiannya diserahkan kepada para pihak. Penyelesaian secara konsiliasi dilakukan sendiri oleh para pihak yang bersengketa dengan didampingi oleh majelis yang bertindak pasif sebagai konsiliator. Berdasarkan permasalahan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa; pada prinsipnya pihak pengelola perparkiran bila terjadi kehilangan kendaraan bermotor pihak pelaku usaha hanya mengingatkan konsumen untuk melaporkan kepada pihak kepolisian. Sedangkan surat bukti parkir hanya digunakan sebagai dasar bahwa menyatakan memang benar parkir di area yang telah disediakan hanya sebagai bukti sewa tempat, dan kalaupun harus mengganti kerugian konsumen hanya senilai harga barang pada saat kehilangan dan kesepakatan anata pihak. Selanjutnya dapat penulis simpulkan pula bila terjadi kehilangan perlengkapan kendaraan dan kendaraan baik kendaraan yang beroda dua (motor) maupun kendaraan beroda empat (mobil), pihak pelaku usaha dapat mengganti kerugian konsumen senilai harga barang tersebut pada saat kehilangan berarti tidak lebih dari nilai harga barang yang hilang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Pengelola Parkir, Penitip Kendaraan (Konsumen). |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD60-60.5 Social responsibility of business |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 05:59 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 05:59 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57265 |
Actions (login required)
View Item |