PEMEROLEHAN BAHASA ANAK BERKETERBELAKANGAN MENTAL DI YPAC PALEMBANG: SUATU KAJIAN BERDASARKAN FUNGSI BAHASA HALLIDAY

TETIAROA, RANGKAYO PITA and Purnomo, Mulyadi Eko and Nurbaya, Nurbaya (2006) PEMEROLEHAN BAHASA ANAK BERKETERBELAKANGAN MENTAL DI YPAC PALEMBANG: SUATU KAJIAN BERDASARKAN FUNGSI BAHASA HALLIDAY. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06013112020.pdf] Text
RAMA_88201_06013112020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (73MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112020_0015085406_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06013112020_0015085406_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06013112020_0015085406_02.pdf] Text
RAMA_88201_06013112020_0015085406_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112020_0015085406_03.pdf] Text
RAMA_88201_06013112020_0015085406_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112020_0015085406_04.pdf] Text
RAMA_88201_06013112020_0015085406_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112020_0015085406_05.pdf] Text
RAMA_88201_06013112020_0015085406_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112020_0015085406_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06013112020_0015085406_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112020_0015085406_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06013112020_0015085406_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemerolehan bahasa pertama pada anak terjadi tanpa ada yang mengajari atau melatih. Pemerolehan bahasa pertama merupakan proses penguasaan fungsi-fungsi bahasa. Dalam kajian fungsi bahasa, M.A.K. Halliday mengemukakan tujuh fungsi bahasa. Ketujuh fungsi itu adalah fungsi instrumental, regulasi, interaksional, personal, heuristik, imajinatif dan informatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara jelas fungsi bahasa ujaran anak berketerbelakangan mental di YPAC Palembang dan pola-pola interaksi ujaran anak berketerbelakangan mental di YPAC Palembang berdasarkan fungsi bahasa yang diidentifikasi oleh Halliday. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penganalisisan data digunakan metode padan dengan teknik daya pilah pragmatis. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa SLB Cl YPAC Palembang yaitu Mega Wati dan Ferdi Iswanto. Penelitian dilakukan secara insidental mulai tanggal 20 Februari-15 April 2006 pada anak yang mempunyai bahasa pertama bahasa palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian memperoleh ketujuh fungsi bahasa yang diidentifikasi oleh Halliday. Fungsi personal dan fungsi regulasi yang dominan digunakan anak sedangkan fungsi yang tidak dominan adalah fungsi heuristik dan fungsi imajinatif. Setiap fungsi bahasa yang digunakan oleh subjek penelitian mempunyai aspek yang menandainya. Setiap fungsi mempunyai aspek yang berbeda. Apabila dibandingkan dengan pola interaksi fungsi bahasa yang dikemukakan Halliday, hasil penelitian ini menunjukkan tidak semua pola interaksi fungsi bahasa terpenuhi. Pola yang tidak terpenuhi adalah pola perintah dari respon umum, permintaan izin, permintaan bermain, dan menawarkan bantuan, inisiasi berupa tanggapan, pola penyesalan, pola belajar, pola ekspresi berupa sanggahan, dan pola dari respon yang tidak diketahui. Disamping itu , ditemukan pola baru yang terbentuk dari ujaran-ujaran yang diproduksi oleh anak, yaitu pola permintaan khusus yang muncul dari inisiasi normal dan inisiasi penjelasan, pola ekspresi marah, ekspresi tidak senang, ekspresi kagum, ekspresi mengejek, dan ekspresi sedih. Kata kunci. Pemerolehan bahasa, fungsi bahasa, anak berketerbelakangan mental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemerolehan bahasa, fungsi bahasa, anak berketerbelakangan mental
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:48
Last Modified: 24 Nov 2021 04:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57360

Actions (login required)

View Item View Item