KEEFEKTIFAN MODEL MASYARAKAT BELAJAR (LEARNING COMMUNITY) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO TERHADAP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDERALAYA

MALIA, MALIA and Nurhayati, Nurhayati and Ansori, Ansori (2005) KEEFEKTIFAN MODEL MASYARAKAT BELAJAR (LEARNING COMMUNITY) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO TERHADAP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDERALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06013112028.pdf] Text
RAMA_88201_06013112028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_02.pdf] Text
RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_03.pdf] Text
RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_04.pdf] Text
RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_05.pdf] Text
RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (867kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06013112028_0002026203_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model masyarakat belajar lebih efektifdaripada model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato di kelas X SMA Negeri 1 Inderalaya. Tujuannya untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan model masyarakat belajar dalam pembelajaran menulis teks pidato di kelas X SMA Negeri I Inderalaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan dan pengembangan pembelajaran menulis teks pidato di SMA, khususnya SMA Negeri 1 Inderalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 72 orang siswa dengan rincian 36 orang siswa kelas Xf sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model masyarakat belajar dan 36 orang siswa kelas Xc sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hipotesis penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan model masyarakat belajar lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato di kelas X SMA Negeri 1 Inderalaya. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis teks pidato, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan menulis teks pidato siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model masyarakat belajar lebih besar dibandingkan skor rata-rata siswa yang mendapatkan pembelajaran model konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Dari perhitungan uji t menunjukkan thit > tab atau 3,10 > 1,66 dengan db = 70 pada tingkat kepercayaan 95 %. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model masyarakat belajar lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato di kelas X SMA Negeri 1 Inderalaya. Kata kunci: keefektifan, model masyarakat belajar, model konvensional, menulis teks pidato.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model masyarakat belajar, model konvensional, menulis teks pidato.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 24 Nov 2021 06:49
Last Modified: 24 Nov 2021 06:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57450

Actions (login required)

View Item View Item