PENGARUH MODEL PERMAINAN "LAVINDO" TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG COVID-19

MEI, NURROS and Rizona, Firnaliza and Hikayati, Hikayati (2021) PENGARUH MODEL PERMAINAN "LAVINDO" TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG COVID-19. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_02.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_03.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_04.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_05.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_06_ref.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_07_lamp.pdf] Text
RAMA_14201_04021181722013_0002118905_0012027603_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru dan dapat menginfeksi manusia melalui percikan batuk dan bersin orang terinfeksi atau menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi virus. Kelompok anak-anak ialah salah satu populasi yang rentan terinfeksi virus ini sehingga perlu adanya pemberian informasi yang mudah dipahami untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai COVID-19. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan kegiatan pendidikan kesehatan. Media yang cocok diterapkan untuk anak usia sekolah adalah model permainan “LAVINDO”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model permainan “LAVINDO” dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan pretest-posttest control group. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari siswa kelas IV, V, dan VI yang berusia 9-11 tahun. Uji statistik yang digunakan adalah uji t berpasangan yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pengetahuan siswa sebelum dan setelah intervensi dengan p value sebesar 0,000 (α=0,05) pada kelompok perlakuan. Hasil uji t tak berpasangan pada kedua kelompok menunjukkan p value = 0,183 (p > 0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara model permainan “LAVINDO” dan ceramah interaktif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19. Penelitian ini menunjukkan model permainan “LAVINDO” dan ceramah interaktif dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19, namun kelompok perlakuan memiliki nilai rata-rata pengetahuan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Model permainan “LAVINDO” ini dapat dijadikan media yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, COVID-19, Model Permainan “LAVINDO”
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 14201-Nursing (S1)
Depositing User: Nn. Nurros Mei
Date Deposited: 24 Nov 2021 06:12
Last Modified: 24 Nov 2021 06:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57624

Actions (login required)

View Item View Item