KEEFEKTIFAN METODE EKSTEMPORAN DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO DI KELAS 3 SMP NEGERI 26 PALEMBANG

SUNARTI, SUZANA and Arifin, Siti Salamah and Kasmansyah, Kasmansyah (2005) KEEFEKTIFAN METODE EKSTEMPORAN DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO DI KELAS 3 SMP NEGERI 26 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06023112036.pdf] Text
RAMA_88201_06023112036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112036_0016065602_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06023112036_0016065602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06023112036_0016065602_02.pdf] Text
RAMA_88201_06023112036_0016065602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112036_0016065602_03.pdf] Text
RAMA_88201_06023112036_0016065602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112036_0016065602_04.pdf] Text
RAMA_88201_06023112036_0016065602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112036_0016065602_05.pdf] Text
RAMA_88201_06023112036_0016065602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112036_0016065602_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06023112036_0016065602_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112036_0016065602_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06023112036_0016065602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini apakah metode ekstemporan lebih efektif daripada metode konvensional dalam pembelajaran berpidato pada siswa kelas 2 SMP Negeri 26 Palembang? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan metode ekstemporan dalam pembelajaran berpidato pada siswa kelas 2 SMP Negeri 26 Palembang. Manfaat penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai referensi bagi guru bahasa Indonesia mengenai metode ekstemporan dalam pembelajaran bahasa khususnya berpidato. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 88 orang siswa dengan rincian 45 orang siswa kelas 2.6 (kelompok eksperimen) dengan menggunakan metode ekstemporan, dan 43 orang siswa kelas 2.7 (kelompok kontrol) dengan menggunakan metode konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah metode ekstemporan lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam pembelajaran berpidato pada siswa kelas 2 SMP Negeri 26 Palembang.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berpidato, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistika dengan uji t Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapat pengajaran berpidato dengan menggunakan metode ekstemporan lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mendapat pengajaran berpidato dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan- pengujian mean deviasi kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol dari perhitungan uji t menunjukan thit > atau 2,64 > 1,933 (db = 86) pada tingkat kepercayaan 95 %. Dengan demikian hasil itu membuktikan bahwa penggunaan metode ekstemporan lebih efektif bila digunakan dalam pembelajaran berpidato pada siswa kelas 2 SMP Negeri 26 Palembang. Kata kunci: Metode ekstemporan, pembelajaran berpidato

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode ekstemporan, pembelajaran berpidato
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:34
Last Modified: 24 Nov 2021 07:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57834

Actions (login required)

View Item View Item