PUJIASTUTI, RINI and Indrawati, Sri and Suwandi, Surip (2010) TINDAK TUTUR DALAM IKLAN PADA MAJALAH FEMINA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_060531102050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (93MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_060531102050_0016065602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_060531102050_0016065602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_060531102050_0016065602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_060531102050_0016065602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (68MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_060531102050_0016065602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (977kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_060531102050_0016065602_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_060531102050_0016065602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa merupakan salah satu unsur untuk membuat iklan. Sebagai salah satu ragam bisnis, iklan harus dapat mempengaruhi konsumen agar produk yang diiklankan diminati. Bahasa iklan harus dibuat menarik agar konsumen tertarik untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan. Salah satu yang mempengaruhi keberhasilan produk yag diiklankan adalah penggunaan bahasa iklan yang dilihat dari tindak tuturnya. Bermacam-macam tindak tutur yang digunakan dalam bahasa iklan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemakaian tindak tutur berdasarkan modus tuturan yang terdapat dalam iklan, mendeskripsikan jenis tindak tutur yang terdapat dalam iklan, dan mendeskripsikan pemakaian tindak tutur berdasarkan maksud tuturan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan yang terdapat dalam dalam majalah Femina edisi September sampai November 2009 khususnya iklan kosmetik. Berdasarkan hasil penelitian dalam iklan majalah Femina, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Dilihat dari segi modus tuturan, modus berita terdapat 76 tuturan, modus tanya 13 tuturan, dan modus perintah 25 tuturan. Berdasarkan langsung tidaknya tuturan, tindak tutur langsung terdapat 69 tuturan, dan tindak tutur tidak langsung terdapat 45 tuturan. Sedangkan berdasarkan maksud tuturan tidak tutur asertif terdapat 67 tuturan, tidak tutur drektif terdapat 35 tuturan, dan tindak tutur komisitif terdapat 12 tuturan. Menurut hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modus yang paling banyak digunakan adalah modus berita. Selain itu, kalimat iklan pada umumnya memberikan informasi, memberitahukan kelebihan produk dengan menggunakan kalimat iklan yang lugas dan mudah dimengerti, sehingga pembaca dapat memberikan respon berupa perasaan tertarik, rasa ingin tahu, kemudian membeli produk dan menggunakan produk yang ditawarkan. Kata kunci: tindak tutur, iklan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur, iklan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 07:37 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 07:37 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57847 |
Actions (login required)
View Item |