KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS WACANA KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS VII SMP KARYA IBU PALEMBANG

ALAMSARI, ALAMSARI and Indrawati, Sri and Utami, Sri (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS WACANA KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS VII SMP KARYA IBU PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06033112019.pdf] Text
RAMA_88201_06033112019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_02.pdf] Text
RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_03.pdf] Text
RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_04.pdf] Text
RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_05.pdf] Text
RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06033112019_0012075914_0006125804_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan mengapresiasi sebuah karya sastra terutama dalam hal mereproduksi atau menulis karya sastra sangat perlu untuk dimiliki dan dikuasai oleh siswa. Untuk itu, salah satu model yang cocok untuk mengembangkan apresiasi menulis tersebut adalah dengan siswa menerapkan model pembelajaran analisis wacana kritis (AWK). Adapun yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran analisis wacana kritis (AWK) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran analisis wacana kritis (AWK) dalam pembelajaran menulis dongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Karya Ibu Palembang pada semester genap tahun ajaran 2008—2009. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes menulis dongeng (pretes dan postes). Dari hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan antara t hitung dengan t tabel yaitu 15,38 > 2,432, Pada kelas kontrol juga diperoleh hasil yang signifikan antara t hitung dengan t tabel yaitu 8,58 > 2,429. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, didapatkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,288 > 2,383. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan model AWK lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional diterima. Kesimpulan penelitian ini bahwa model pembelajaran analisis wacana kritis lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis dongeng, model AWK, model konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:51
Last Modified: 26 Nov 2021 03:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58070

Actions (login required)

View Item View Item