EVALUASI PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RSUD RADEN MATTAHER PROVINSI JAMBI

IKHWAN, KHAIRUL and Erina, Lili and Effendi, Sofyan (2021) EVALUASI PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RSUD RADEN MATTAHER PROVINSI JAMBI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (924kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_02.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_03.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_04.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_05.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_06_ref.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_07_lamp.pdf] Text
RAMA_63201_07011381722182_0030126612_0012057701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pasien BPJS Rawat Inap di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi serta untuk mengetahui faktor penyebab kerugian pelayanan pasien BPJS rawat inap di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya nilai kerugian yang diakibatkan dari ketidaksesuaian biaya perawatan dan tarif BPJS rawat inap tahun 2019 serta masih rendahnya tiga unsur nilai pelayanan rawat inap di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi. Konsep yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Ndraha berdasarkan empat aspek yaitu kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan pelayanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Dokumentasi, Wawancara, dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelayanan pada pasien BPJS rawat inap di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi belum memenuhi semua aspek untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Adapun saran dalam penelitian ini, diharapkan RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi dapat meningkatkan kedisiplinan SDM sehingga berbagai bentuk pelaksanaan pemeriksaan penunjang berlangsung tepat waktu; diharapkan dapat mengutamakan fungsi Clinical Pathway sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan pasien BPJS rawat inap; diharapkan untuk mengoptimalkan kendali mutu dan kendali biaya untuk meminimalisir kerugian pelayanan pasien BPJS rawat inap; diharapkan dapat membenahi dan meningkatkan sarana dan prasarana di instalasi rawat inap; mempertahankan dan meningkatkan upaya-upaya pengembangan kompetensi tenaga kesehatan dalam mewujudkan penyelenggaraan pelayanan perawatan yang optimal untuk terciptanya mutu pelayanan yang baik dan keadilan dalam memberikan pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kualitas, Pelayanan, Biaya, BPJS, Clinical, Pathway
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG8205-8220 Government insurance
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 63201-State Administration (S1)
Depositing User: Khairul Ikhwan
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:52
Last Modified: 12 Jan 2022 03:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58209

Actions (login required)

View Item View Item