MONALISA, IIN and Subadiyono, Subadiyono and Alwi, Zahra (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06043112006.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06043112006_0025075602_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06043112006_0025075602_0006125201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112006_0025075602_0006125201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112006_0025075602_0006125201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112006_0025075602_0006125201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (830kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112006_0025075602_0006125201_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (52MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas permasalahan apakah efektif atau tidak penerapan model pemetaan pikiran dalam pembelajaran menulis persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Tujuannya untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan model pemetaan pikiran dalam pembelajaran menulis persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif model pembelajaran menulis dan dapat meningkatkan kemampuan menulis persuasi yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 74 orang siswa dengan rincian 35 orang siswa kelas VIII. 1 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran dengan model konvensional dan 39 orang siswa kelas VIII.3 (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran dengan model pemetaan pikiran. Hipotesis penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan menulis persuasi antara siswa yang diajar menggunakan model pemetaan pikiran dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis karangan persuasi, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang diajar menggunakan model pemetaan pikiran dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Skor rata-rata siswa yang diajar menggunakan model pemetaan pikiran lebih besar dari pada skor rata-rata siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol dari perhitungan uji t menunjukkan thit > ttabei atau 3,69>1,99 (db 72) pada tingkat kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan model pemetaan pikiran lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang daripada model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pemetaan pikiran, pembelajaran menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121-149 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mr Halim Sobri |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:52 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58253 |
Actions (login required)
View Item |