PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MUNTOK BANGKA BARAT MELALUI MODEL STRUKTURAL

MAGDALENA P., SABARIA and Ratnawati, Latifah and Suwandi, Surip (2007) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MUNTOK BANGKA BARAT MELALUI MODEL STRUKTURAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112039.pdf] Text
RAMA_88201_06043112039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112039_0007025502_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112039_0007025502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112039_0007025502_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112039_0007025502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112039_0007025502_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112039_0007025502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112039_0007025502_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112039_0007025502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112039_0007025502_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112039_0007025502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (946kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112039_0007025502_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112039_0007025502_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112039_0007025502_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112039_0007025502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model structural kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muntok Bangka Barat dapat meningkat. Berkaitan dengan itu, penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemahaman puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muntok Bangka Barat dengan model struktural. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara multi siklus. Subjek penelitian 30 orang siswa kelas VIII C di SMP Negeri 3 Muntok Bangka Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen : wawancara, tes awal dan tes akhir, serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan sebelum penggunaan model struktural siswa belum mampu memahami puisi. Tidak ada siswa yang memperoleh nilai > 64 (0%). Setelah model struktural digunakan dalam pembelajaran puisi pada siklus I ternyata terjadi peningkatan persentase nilai pada siswa yaitu 23,33%. Kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan lagi mencapai 36,67%. Lalu yang sangat mencolok yaitu pada siklus III siswa yang mendapat nilai > 64 berjumlah 60 orang. Sehingga pencapaian persentase mencapai 80,13%. Jadi, pada siklus III siswa telah mampu memahami puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pemahaman, model struktural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010-1525 Poetry
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:33
Last Modified: 07 Dec 2021 02:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58774

Actions (login required)

View Item View Item