KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MEMAHAMI WACANA BAGI SISWA KELAS 2 SMP MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG

RAHMIANSI, RIZQY and Kasmansyah, Kasmansyah and Oktarina, Santi (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MEMAHAMI WACANA BAGI SISWA KELAS 2 SMP MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112035.pdf] Text
RAMA_88201_06043112035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112035_0016065602_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran memahami wacana bagi siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah 5 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran memahami wacana bagi siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah 5 Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran memahami wacana di SMP, khususnya di SMP Muhammadiyah 5 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 65 orang dengan rincian 32 orang siswa kelas 2.2 sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa kelas 2.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan dengan dengan model konvensional dalam pembelajaran memahami wacana siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah 5 Palembang dengan model konvensional dalam pembelajaran memahami wacana siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah 5 Palembang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan tes adalah teknik tes yaitu, tes objektif pilhan ganda, dan non tes yaitu, angket dan observasi, sedangkan teknik analisis data adalah Teknik statistik dengn uji t. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang berarti tarhadap tingkat kemampuan memahami isi wacana siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah 5 Palembang siswa. Skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Dari perhitungan uji t menunjukkan thit> ttab atau 3,92>1.66 dengan db=63 pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa STAD dapat menarik minat siswa untuk giat belajar, lebih memudahkan dalam mengerjakan latihan. Berdasarkan hasil observasi juga diketahui bahwa STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses belajar-mengajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model STAD, pembelajaran memahami wacana, Siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah 5 Palembang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118-118.75 Language acquisition
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:35
Last Modified: 07 Dec 2021 02:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58783

Actions (login required)

View Item View Item