KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CRITICAL DISCOURSE ANALYSJS (CDA) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUIS1 SISWA KELAS Vfil SMP NEGER111 PALEMBANG

NOVIANA, NOVIANA and Aliana, Zainul Arifrn and Ernalida, Ernalida (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CRITICAL DISCOURSE ANALYSJS (CDA) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUIS1 SISWA KELAS Vfil SMP NEGER111 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112022.pdf] Text
RAMA_88201_06043112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (73MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112022_0015026902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112022_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112022_0015026902_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112022_0015026902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112022_0015026902_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112022_0015026902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112022_0015026902_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112022_0015026902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112022_0015026902_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112022_0015026902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112022_0015026902_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112022_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112022_0015026902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112022_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Critical Discourse Analysis (CDA) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Critical Discourse Analysis (CDA) dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran menulis puisi di SMP, khususnya di SMP Negeri 11 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 79 orang siswa dengan rincian 39 orang siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CDA dan 40 orang siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hipotesis penelitian ini yaitu model pembelajaran Critical Discourse Analysis (CDA) lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palembang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis puisi dan angket, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji t. Penelitian Ini menunjukkan adanya pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan menulis puisi siswa. Hasil angket menunjukkan tanggapan positif terhadap model pembelajaran Critical Discourse Analysis (CDA) dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palembang sebesar 88,7 %. Skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran CDA lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang memggunakan model konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Peningkatan model pembelajaran CDA lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional. Dari perhitungan uji t menunjukkan thit > W» atau 2,65 > 2,38 dengan db= 77 pada tingkat kepercayaan 99%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CDA lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palembang pada tarafsignifikansi 0,01. Kata Kunci: Keefektifan, Critical Discourse Analysis, Menulis Puisi, SMP Negeri 11 Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Critical Discourse Analysis, Menulis Puisi, SMP Negeri 11 Palembang
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:38
Last Modified: 22 Dec 2021 04:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59030

Actions (login required)

View Item View Item