EFRIYANI, EFRIYANI and Alwi, Zahra and Suwandi, Surip (2009) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ABAB KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06043112009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (65MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06043112009_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06043112009_0006125201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112009_0006125201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112009_0006125201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112009_0006125201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112009_0006125201_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112009_0006125201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran make a match efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran make a match (mencari pasangan) dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abab Kabupeten Muara Enim. Penelitian ini dihapakan bermanfaat bagi guru, siswa dan lembaga pendidikan khususnya SMP Negeri 1 Abab. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini beijumlah 84 orang dengan rincian 41 orang siswa kelas VIIIc (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan 43 orang siswa kelas VHIa (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran dengan menggunakan teknik konvensiona. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 12 (Statistical Product and Service Solution) uji t. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rata-rata skor siswa kelas eksperimen dari skor rata-rata pretes yang sebesar 63,15 berubah menjadi 74,04 (skor rata-rata postes). Skor rata-rata siswa kelas kontrol juga meningkat namun tidak mengalami lonjakan seperti pada kelas eksperimen. Rata-rata pretes kelas kontrol adalah 62,02, sedangkan rata-rata postes postes yang diperoleh kelas kontrol adalah 68,49. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match lebih efektif dibandingkan model konvensional bila diterapkan dalam pemebiajaran membaca pemahaman di SMP Negeri 1 Abab Kabupaten Muara Enim. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 10,46 poin, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 6,46 poin. Kata kunci: model pembelajaran make a match, SPSS12
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran make a match, SPSS12 |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 04:43 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 04:43 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59079 |
Actions (login required)
View Item |