PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KESETIAAN MEREK AKAN MIE INSTAN INDOMIE : Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

PRANATA, YUDHI and Effendy, Chairani and Sofyan, Rusmiyati (2008) PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KESETIAAN MEREK AKAN MIE INSTAN INDOMIE : Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_61201_01043110029.pdf] Text
RAMA_61201_01043110029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01043110029_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_61201_01043110029_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_61201_01043110029_02.pdf] Text
RAMA_61201_01043110029_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01043110029_03.pdf] Text
RAMA_61201_01043110029_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01043110029_04.pdf] Text
RAMA_61201_01043110029_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01043110029_05.pdf] Text
RAMA_61201_01043110029_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01043110029_06_ref.pdf] Text
RAMA_61201_01043110029_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (918kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01043110029_07_lamp.pdf] Text
RAMA_61201_01043110029_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara diferensiasi produk mie instan Indomie yang telah dirasakan konsumen dengan kesetiaan merek produknya dan 2) untuk mengetahui dimensi diferensiasi produk apa yang paling dominan yang berpengaruh terhadap konsumen akan kesetiaan merek mie instan Indomie. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari tiga dimensi diferensiasi produk yang diteliti, yaitu : dimensi bentuk (Xi), dimensi keistimewaan (X2), dan dimensi kesesuaian (X3), hanya ada dua dimensi yang berpengaruh terhadap kesetiaan konsumen akan mie instan Indomie. Kedua dimensi tersebut adalah dimensi keistimewaan (X2) dan dimensi kesesuaian (X3). Kedua dimensi tersebut memperlihatkan bahwa masing-masing indikator dari kedua dimensi memberikan pengaruh terhadap kesetiaan konsumen. Dimensi diferensiasi produk yang dominan berpengaruh terhadap kesetiaan konsumen akan mie instan Indomie adalah dimensi keistimewaan (X2). Hal ini disebabkan dimensi keistimewaan memiliki nilai koefisien regresi yang lebih besar daripada dimensi lainnya. Untuk meningkatkan kesetiaan konsumen akan mie instan Indomie, penulis memberikan beberapa saran kepada Indofood selaku produsen dari mie instan merek Indomie. Beberapa saran yang diberikan, pertama, perusahaan sebaiknya meningkatkan dan menonjolkan keunggulan produk yang terdiferensiasi dari produk sejenisnya untuk menimbulkan customer experience yang baik di mata konsumen, kedua, perusahaan harus meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam membuat suatu produk yang akan dipasarkan dan merumuskan diferensiasi pada suatu produk yang menciptakan keunggulan tertentu yang dapat menjadi faktor pembeda dan mengadung nilai tambah tersendiri bagi konsumen, ketiga, perusahaan sebaiknya meningkatkan dimensi kesesuaian karena dimensi ini juga merupakan salah satu variabel yang mempengaruhi kesetiaan konsumen terhadap merek mie instan Indomie, dan perusahaan juga harus menjaga hubungan erat dengan para konsumennya, salah satu cara yaitu dengan menjadi sponsor acara acara yang terfokus pada segmen remaja, seperti ajang bakat, olahraga, pendidikan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi Produk dan Kesetiaan Merek.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9000-9495 Agricultural industries > HD9000.5.B313 Agricultural industries--Management. Food industry and trade--Management. Food--Marketing--Case studies. Corporations--Finance--Case studies. Industries--Environmental aspects--Case studies. Corporation law.
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61201-Management (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 14 Dec 2021 00:46
Last Modified: 14 Dec 2021 00:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59146

Actions (login required)

View Item View Item