MARUTI, CENTI AGUSTIA and Aliana., Zainul Arifin and Ansori, Ansori (2009) PEMEROLEHAN BAHASA ANAK AUTIS DI YAYASAN PELITA HATI PALEMBANG: SUATU KAJIAN BERDASARKAN FUNGSI BAHASA HALLIDAY. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06043112003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (71MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06043112003_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06043112003_0019096607_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112003_0019096607_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112003_0019096607_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (38MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112003_0019096607_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112003_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (796kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06043112003_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini, yaitu apakah ujaran anak autis di Yayasan Pelita Hati Palembang memenuhi fungsi bahasa yang dikemukakan Halliday dan bagaimana pola-pola interaksi ujaran anak autis di Yayasan Pelita Hati Palembang berdasarkan fungsi-fungsi bahasa Halliday. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah ujaran-ujaran yang diproduksi oleh siswa kelas III sekolah Pelita Hati (SD Autis). Data dikumpulkan dengan teknik pengamatan, teknik catat, dan teknik perekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak memperoleh ketujuh fungsi bahasa, yakni fungsi instrumental, fungsi relugasi, fungsi interaksional, fungsi personal, fungsi heuristik, fungsi imajinatif, dan fungsi informatif seperti yang dikemukakan oleh Halliday. Dari ketujuh fungsi bahasa yang dikemukakan Halliday fungsi yang dominan digunakan oleh anak autis adalah fungsi personal yang diikuti dengan fungsi relugasi, sedangkan fungsi yang jarang digunakan adalah fungsi heuristik dan fungsi imajinatif. Untuk fungsi-fungsi yang lain diperoleh anak, walaupun tidak sebanyak fungsi personal dan fungsi relugasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak semua pola interaksi fungsi bahasa yang dikemukakan Halliday terpenuhi. Pola yang tidak terpenuhi adalah pola penjelasan, pola larangan dan jawaban pertanyaan, pola peijanjian, pola penyesalan, pola belajar, pola ekspresi berupa sanggahan, dan pola dari respon yang tidak diketahui. Di samping itu, ditemukan pola baru yang terbentuk dari ujaranujaran yang diproduksi anak, yaitu pola permintaan khusus dari insiasi normal, pola ekspresi marah, ekspresi tidak senang, ekspresi mengejek, dan ekspresi kagum. Kata-kata kunci: Ujaran anak autis, deskriptif, fungsi bahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ujaran anak autis, deskriptif, fungsi bahasa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 04:53 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 04:53 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59151 |
Actions (login required)
View Item |