PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 2 BANYUASIN III DALAM MEMAHAMI NASKAH DRAMA

LUSIANA, RITA and Arifln, Siti Salamah and Ratnawati, Latifah (2006) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 2 BANYUASIN III DALAM MEMAHAMI NASKAH DRAMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06023112044.pdf] Text
RAMA_88201_06023112044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112044_0007025502_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06023112044_0007025502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06023112044_0007025502_02.pdf] Text
RAMA_88201_06023112044_0007025502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112044_0007025502_03.pdf] Text
RAMA_88201_06023112044_0007025502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112044_0007025502_04.pdf] Text
RAMA_88201_06023112044_0007025502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112044_0007025502_05.pdf] Text
RAMA_88201_06023112044_0007025502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112044_0007025502_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06023112044_0007025502_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112044_0007025502_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06023112044_0007025502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh metode diskusi lebih efektif dibandingkan dengan tehnik konvensional dalam pembelajaran memahami drama pada siswa kelas I SMP N 2 Banyuasin III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa dalam memahami drama siswa kelas I SMP N 2 Banyuasin III. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran di SMP, khususnya SMP N 2 Banyuasin III serta dapat memberikan alternatif bagi para siswa dalam mengapresiasi drama sehingga dapat membaca dan menganalisis drama lebih objektif dan sistematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 85 orang siswa dengan rincian 42 orang kelas 1.6 (kelompok eksperimen) 43 orang siswa kelas 1.5 kelompok kontrol dengan teknik konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah metode diskusi lebih efektif dari pada teknik konvensional dalam pembelajaran memahami drama pada siswa kelas I SMP Negeri 2 Banguasin III. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes memahami drama sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran memahami drama dengan menggunakan metode diskusi lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran drama dengan menggunakan teknik konvensional. Berdasarkan pengujuan niean kedua kelompok penelitian terhadap perbedaan yang signifikan. Skor rata-rata kelompok eksperimen dan skor rata-rata kelompok kontrol, yaitu dari perhitungan uji t menunjukkan t hitung > t tabel atau 2,93 > 1,83 (db 83) pada tingkat kepercayaan 95 %. Dengan demikian, hal itu membuktikan bahwa penggunaan metode diskusi lebih efektif bila digunakan dalam pembelajaran membaca drama pada siswa kelas I SMP Negeri 2 Banyuasin III. Kata kunci : metode diskusi, naskah drama, tingkat kemampuan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode diskusi, naskah drama, tingkat kemampuan siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:07
Last Modified: 22 Dec 2021 07:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59590

Actions (login required)

View Item View Item