HODIJAH, SITI and Nurhayati, Nurhayati and Ernalida, Ernalida (2006) KEEFEKTIFAN METODE WAWANCARA DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS 5 SD NEGERI 6 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06023112040.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (40MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06023112040_0002026203_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06023112040_0002026203_0015026902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06023112040_0002026203_0015026902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06023112040_0002026203_0015026902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06023112040_0002026203_0015026902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06023112040_0002026203_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (676kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06023112040_0002026203_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode wawancara lebih efektif daripada metode konvensional dalam pembelajaran berbicara bagi siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 6 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 82 orang siswa dengan rincian 41 orang siswa kelas 5A (kelompok eksperimen) yang menggunakan metode wawancara dan 41 orang siswa kelas 5B (kelompok kontrol) yang menggunakan metode konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah metode lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam pembelajaran bagi siswa kelas 5 SD Negeri 6 Palembang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbicara (wawancara), sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kemampuan siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapat pengajaran berbicara dengan menggunakan metode wawancara lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mendapat pengajaran berbicara menggunakan metode konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Perhitungan uji t menunjukkan t hit > t tabel atau 27,53 > 1,99 (db=80) pada tingkat kepercayaan 95%. Hal itu menunjukkan bahwa penggunaan metode wawancara lebih efektif bila digunakan dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas 5 SD Negeri 6 Palembang. Dengan demikian, hipotesis kerja yang berbunyi “Metode wawancara lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas 5 SD Negeri 6 Palembang” terbukti kebenarannya. wawancara berbicara Kata kunci: keefektifan,wawancara,berbicara,SD Negeri 6 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan,wawancara,berbicara,SD Negeri 6 Palembang |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 07:09 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 07:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59600 |
Actions (login required)
View Item |