implementasi pengalihan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah dari pemerintah kabupaten atau kota kepada pemerintah provinsi (studi kasus di kabupaten Musi Banyuasin).

Audi Kristanto, 06051281621021 (2021) implementasi pengalihan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah dari pemerintah kabupaten atau kota kepada pemerintah provinsi (studi kasus di kabupaten Musi Banyuasin). PPKn, universitas sriwijaya.

[thumbnail of PM 2021 Audi Kristanto.pdf]
Preview
Text
PM 2021 Audi Kristanto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengalihan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah dari pemerintah kabupaten atau kota kepada pemerintah provinsi (studi kasus di kabupaten Musi Banyuasin). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan informan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Uji keabsahan data meliputi uji kredibilitas uji transferabilitas uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas, teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan titik berdasarkan analisis data dari indikator yang menjadi dasar penelitian ini yaitu akuntabilitas efisiensi, eksternalitas, yang menjadi dasar penelitian ini yaitu disimpulkan bahwa pengalihan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah dari pemerintah kabupaten kota kepada pemerintah provinsi (studi kasus di kabupaten Musi Banyuasin) saat ini belum efektif mengingat masih ada kendala berupa dampak yang harus dibenahi. Dampak positifnya yaitu terjadi pemangkasan jalur birokrasi, sekolah dapat berkomunikasi dengan Sekolah menengah Atas lintas kabupaten namun tetap satu provinsi sehingga sekolah dapat berinovasi,dampak negatifnya yaitu kurangnya kesejahteraan guru honorer kurangnya bantuan atas sekolah disebabkan banyaknya sekolah pendidikan menengah yang berada di bawah naungan pemerintah provinsi, serta jauhnya jarak yang harus ditempuh saat akan ke dinas pendidikan provinsi.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:24
Last Modified: 30 Dec 2021 03:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60113

Actions (login required)

View Item View Item