Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Matapelajaran Pkn Di SMA Negeri 1 Kayu Agung

Wari, Apriani (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Matapelajaran Pkn Di SMA Negeri 1 Kayu Agung. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of Wari-Apriani-2014-PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
Wari-Apriani-2014-PEMBIMBING.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Matapelajaran Pkn Di SMA Negeri 1 Kayu Agung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuipengaruh penerapan strategi pembelajaran peer lesson terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI pada matapelajaran PKn di SMA Negeri 1 Kayu Agung. Populasi seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kayu Agung.teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 2. Kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. dari analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran peer lesson terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI pada matapelajaran PKN di SMA negeri 1 kayu Agung. Terbukti dari rata-rata hasil observasi peneliti yaitu, untuk kelas eksperimen 83% lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol 75%. Dengan menggunakan SPSS 21.0 Melalui analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 12,473 > ttabel = 1,693 karena thitung > ttabel demikian menolak Ho dan menerima Ha yang berarti menyatakan ada pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran peer lesson terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Kayu Agung dengan taraf signifikan sebesar .05 atau 5%. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Peer Lesson, Keaktifan Belajar, Pada Matapelajaran Pkn.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:28
Last Modified: 17 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60319

Actions (login required)

View Item View Item