M. Affan, Zulius.C (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 33 PALEMBANG. PPKn, UNSRI.
Preview |
Text
pembimbing pak mulyadi & pak emil (M. Affan Zulius C).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil Belajar Siswa di kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan & SMP N 33 Palembang Adapun permasalahan delam penelitan adalah (Apakah ada Pengaruh penerapan metode pembelajaran drakum kelompok dalam memagkatkan 9 hasii belasar mywa di kelas VII! pada mata pelajaran Pendidikan Pancamia dan Kewarganegaraan 13. & mmp N 33 Palembang” Tuyuen dan penelitian im edalah ntuk mengetalun pengarah penerapan 4 metode pembelazaran drskum kelompok dalam merungktkan hasi belajar mswa di kelas VIII pada "3 mata peiagaran Pendidikan Pancamis dan Kewarganegaraan Peneitian yang delakukan am adelah « penekan Guan ekaperemental dempn, dengan tipe pretest-pomen sonegurvaleni group denga. «. Papulam pencitan adalah seluruh myua kelas VIII SMP N 33 Palembang. Teksuk sampel yang «4, digunakan adalah purpnsrve samphng yatu kelas VIII 4 sebaga kelas eksperimen sebanyak it #Onsuadan VII 1 sebapar kelas kontrol sebanyak 39 uswa. Adapun tekrk pengumpulan data 1 4 yang digunakan, adalah tekuk dokumentasi test, sedangkan tekruk analisa data menggunakan up6 € Dan amahss dan perabahasan dapat dumpulkan bahwa terdapat pengaruh yang ngmfikan dan r3 penerapan mesode pembelajaran diskum kelompok dalam memagkatkan kami belajar mowa di &kelas VIII pada mata pelayaran pendidikan pencania den kewarganegaraan & SMP N 33 1 Palembang dengan taraf marufikan sebesar 996 atm & “0.05 Hal tersebut terbukti dan rata-rata hasi 295 setiap akbar pervemuan untuk kelas eksperimen yamtu 89.4 lebih bosar debandengkan vi engan rata-rata kelas control yatu 82.5 dengan KKM 72 Secara statstik melahm analis up-t 4 diperoleh alat temag Tebeh besar dar pada tera (ihmeg”0341Pt4”1,065,) dengan demkian 4, menolak H, dan menerima H, yang menyatakan, ada pengaruh yang sigmfikan dari pengaruh £ penerapan metode pembelajaran diskum kelompok dalam memngkatkan hand belajar mowa da v beles VIII pada mata pelajaran Pendidikan Pancania dan Kewarganegaraan di SMP N 33 14 pakcenbang. Kata Kanci : Metode pembelajaran, diskusi kelompok, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:15 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:15 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60370 |
Actions (login required)
View Item |