PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPONTANEUS GRUP DISSCUSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Yunita Putri, Sari (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPONTANEUS GRUP DISSCUSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of pembimbing pak emil _ pak kurnisar (Yunita Putri Sari).pdf]
Preview
Text
pembimbing pak emil _ pak kurnisar (Yunita Putri Sari).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Spontaneus Group Disscuuon (SGD) terhadap hasi belajar siswa kclas VII pada matapclajaran PKn di SMP Srijaya Palembang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Snjava Palcmbang yang berjumlah 134 yang terdin dani 4 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian mi adalah siswa kelas VII D sebagai kelas ekspermen dan VIIC sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan dokumentasi. Dan data hasil tes yang didapatkan untuk kelas ekspenmen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Disscusion (SGD) data hasil tes kelas eksperimen yartu kelas VII D di dapat nilai rata-rata adalah 78 dan kelas VII C sebagai kelas kontrol adalah 76 Berdasarkan pengujian statistik dengan uji t diperoleh nilai t-hitung sebesar 0,000 « 0.05, maka pada taraf kepercayaan 9594. Dengan demikian hipotesis (H,) yaitu “ Tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Disscusion (SGD) terhadap basil belajar siswa kelas VII pada matapelajaran PKn di SMP Srijaya Negara Palembang”, tidak terbukti berarti H, ditolak dengan kata lain H, ditenma. Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif, Spontancous Group Disscusion (SGD)dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:15
Last Modified: 18 Jan 2022 05:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60380

Actions (login required)

View Item View Item