PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 18 PALEMBANG

Sonny, Triyono PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 18 PALEMBANG. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of pembimbing pak emil _ pak kurnisar (Sonny Triyono).pdf]
Preview
Text
pembimbing pak emil _ pak kurnisar (Sonny Triyono).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK . Penclitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk dapat mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Ncgeri 18 Palembang. Sebelumnya sampel diambil secara purpasive sampling terdapat 32 siswa yang dijadikan kelas eksperimen dan 32 siswa dijadikan kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Disimpulkan bahwa terdapat penyaruh yang tidak signifikan dari pengaruh pembelajaran koperatif tipe numbered hceuds together terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negen 18 Palembang. Hal ini dapat dibuktikan dan hasil pengolahan data angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dimana diperoleh rerata persentase motivasi belajar siswa sebesar 78.59”6 dengan kategori motivasi belajar baik, sedangkan bila dibandingkan dengan rerata persentase motivasi belajar siswa pada kelas kontrol yang memperoleh hasil sebesar 77.5396 dengan kategori motivasi belajar baik. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan “terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari pembelajaran koperatif tipe numbered heads fogerher terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negen 18 Palembang” Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran koperatif tipe numbered heads together lebih tingg dibandingkan yang tidak menggunakan numbered heads together.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:15
Last Modified: 18 Jan 2022 05:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60381

Actions (login required)

View Item View Item