PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Novita, Sari (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of Novita Sari_2014 Penguji.pdf]
Preview
Text
Novita Sari_2014 Penguji.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

BSTRAK Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi inkuiri sosial terhadap hasil belajar siswa pada matapciajaran PPKn di SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh siswa SMA Negeri 10 Palembang. Sampci dalam penelitian adalah siswa kelas X IPS.2 berjumlah 36 orang sebagai kelas cksperimea dam X IPS.I berjumlah 36 orang sebagai kclas kontrol. Tcknik sampci yang digunakan adalah pwrposive sampling yaitu berdasarkan pertimbangan nilai ujian tengah semester dan ulangan hariem siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Statistik yang digunakan adalah statistik parametris melalui uji hipotesis dengam menggunakan uji Independent Samples T-Test dengan taraf signifikansi & » .05. hasil wyi hipotesis diperoleh nilai sig. sebesar .020 dengan demikian hipotsis H, di terima kebenarannya siswa pada matapelajaran PPKn di SMA Negeri 10 Palembang. Hal imi terlihat pada perbandingan hasil uji hipotesis yaitu .020 terhadap a » .05, nilai sig. 020 ce» .05. Olch karena itu, guru diharapkan dapat memvariasikan strategi pembelajaran yang pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Strategi Inkuiri Sosial, Hasil Belajar.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:52
Last Modified: 18 Jan 2022 05:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60391

Actions (login required)

View Item View Item