Pengambilan Keputusan Penerimaan Guru Fisika dengan Metode Fuzzy TOPSIS.

Sukemi, Sukemi (2021) Pengambilan Keputusan Penerimaan Guru Fisika dengan Metode Fuzzy TOPSIS. Jupiter, 13 (1). pp. 118-125. ISSN 2085-2029

[thumbnail of Jurnal-Jupiter.pdf]
Preview
Text
Jurnal-Jupiter.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Cover-Pengelola-Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Cover-Pengelola-Daftar isi.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan sumber daya manusia yang paling penting di dalam mendidik siswa. Pada SMP Negeri 3 Palembang masih sangat dibutuhkan tenaga pengajar yaitu tenaga guru fisika yang profesional. Tenaga guru fisika profesional yang dipilih adalah yang benar-benar mempunyai potensi yang baik dalam mendidik. Pemilihan guru yang dilakukan belum direpresentasikan secara kuantitatif sehingga masih berdasarkan pandangan dan pemikiran subyektif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan teknik pengambilan keputusan pemilihan karyawan secara kuantitatif melalui metode fuzzy Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Data diperoleh melalui wawancara dengan Guru dan HRD untuk mendapatkan bobot kriteria pada tiap tahapan dan diimplementasikan pada kandidat guru. Hasil penelitian yang diperoleh adalah perangkingan kandidat guru untuk tiap tahapan seleksi, sehingga guru dinyatakan lulus ke tahap selanjutnya atau tidak lulus dan tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Nilai dengan ranking terendah dan tidak memenuhi kriteria khusus maka akan menghasilkan kandidat tidak lulus. Dari hasil penelitian, penggunaan metode fuzzy dapat mempermudah dalam penilaian subyektif, dan perhitungan fuzzy TOPSIS sampai tahap akhir menghasilkan 3 kandidat lulus.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 56201-Computer Systems (S1)
Depositing User: Dr. Sukemi Sukemi
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:59
Last Modified: 18 Jan 2022 05:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60442

Actions (login required)

View Item View Item