Identifikasi Perilaku Transformasi Geometris Bangunan Dalam Proses Disain Bangunan Terhadap Gempa

Livian, Teddy and Adiyanto, Johannes and Husnul, Hidayat (2020) Identifikasi Perilaku Transformasi Geometris Bangunan Dalam Proses Disain Bangunan Terhadap Gempa. In: Penerapan adaptasi kebiasaan baru dalam riset dan pengabdian untuk mendukung merdeka belajar dan kampus merdeka, 18-19 November 2020, Palembang.

[thumbnail of 03-avoer proseding.pdf]
Preview
Text
03-avoer proseding.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan wilayah rawan gempa termasuk wilayah Sumatera Selatan dengan kategori moderate s/d high, sehingga bangunan harus dirancang untuk tahan gempa. Dalam proses disain arsitektur dikenal proses form finding yaitu proses pencarian bentuk rancangan dari bentuk sederhana sampai dengan bentuk final yang kompleks. Pada prinsipnya tidak ada larangan untuk membuat bentuk-bentuk yang kompleks tetapi harus mengetahui konsekuensi dari penggunaan bentuk-bentuk kompleks tersebut dalam masalah perilaku gempa terhadap bangunan. Penelitian ini penelitian eksperimen simulasi dengan menggunakan 7 model bangunan (I, L, T, U, +, Z, ∩) yang sering digunakan dalam desain arsitektur tetapi 6 model diantaranya memiliki ireguleritas geometris. Hasil analisa modal analysis program Etabs terhadap 7 model bangunan tersebut yaitu : perbandingan H/D ≤ 2, periode getarnya relatif sama dengan periode maksimumnya, ragam fundamentalnya kategori reguler hanya model bentuk I, T, U, + dan rasio partisipasi massa model bangunan semakin kompleks/ireguler bentuknya semakin besar mode yang dibutuhkan. Guidance yang diusulkan dalam proses form finding yaitu SRPM H/D ≤ 2 atau H/D > 2 SRPM + shear wall/core wall, bentuk geometris dasar memiliki ketahanan yang baik terhadap gempa, hindari bentuk organis/lengkung di zona rawan gempa kuat, bentuk ireguleritas torsi dan sudut dalam dapat diminimalisir dengan penambahan shear wall/core wall, perkuatan atau dilatasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA1-9428 Architecture
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA630-695 Structural engineering (General) > TA647.H356 Structural dynamics-Vibration-Shock (Mechanics)- Airframes--Testing Buildings--Earthquake effects--Data processing--Handbooks, manuals, etc
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: Dr. LIVIAN TEDDY, ST. MT
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:55
Last Modified: 18 Jan 2022 05:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60451

Actions (login required)

View Item View Item