MARYATI, MARYATI and Masri, R. H. M. Ali and Ansori, Ansori (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN KARTU PARAGRAF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALANG UBI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06091002012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06091002012_0001105703_0010126803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06091002012_0001105703_0010126803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091002012_0001105703_0010126803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091002012_0001105703_0010126803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091002012_0001105703_0010126803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (409kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091002012_0001105703_0010126803_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (292kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091002012_0001105703_0010126803_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek kemampuan dalam berbahasa mengungkapkan ide, gagasan (pendapat) siswa berupa tulisan. Bentuk karangan yang harus dikuasai siswa di kelas X SMA yaitu menulis karangan argumentasi. Karangan argumentasi bertujuan meyakinkan pembaca akan kebenaran pendapat atau gagasan dengan ciri utama mengandung fakta, kesaksian, informasi dan autoritas yang mendukung pendapat atau gagasan tersebut. Pada kelas X SMA Negeri 1 Talang Ubi banyak siswa yang belum mendapat nilai sesuai dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis karangan argumentasi dengan pemanfaatan kartu paragraf pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Ubi. Media Kartu Paragraf dapat didefinisikan sebagai media pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan oleh guru berbentuk kartu yang berisi bagian dari sebuah karangan argumentasi yang digunakan pada pembelajaran bahasa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dan menggunakan metode pengumpulan data yaitu; teknik tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan media pembelajaran berupa Kartu Paragraf yang dipakai dalam penelitian ini cukup berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Data hasil tes siswa menunjukkan terjadi peningkatan skor rata-rata dari 58,95 menjadi 69,85. Data hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa cukup tertarik dengan media yang digunakan. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi, Media Pembelajaran Kartu Penyusun Paragraf, Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi, Media Pembelajaran Kartu Penyusun Paragraf, Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 01:57 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 01:57 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60586 |
Actions (login required)
View Item |