IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN ANALISIS CONFIDENCE DISCRIMINATION QUOTIENT(CDQ)

YARUSY, ROBIHAT DARA and Syuhendri, Syuhendri and Siahaan, Sardianto Markos (2021) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN ANALISIS CONFIDENCE DISCRIMINATION QUOTIENT(CDQ). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_06111281722017.pdf] Text
RAMA_06111281722017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722017_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722017_0017116801_0028066702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Identifikasi miskonsepsi pada peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin agar tidak menghambat proses penerimaan pengetahuan yang disampaikan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi hukum Archimedes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripstif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 14 Bekasi dengan jumlah sampel sebanyak 63 peserta didik dari kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Metode yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah four tier diagnostic test yaitu 14 butir soal pilihan ganda yang terdiri dari 6 konsep yang diujikan. Hasil identifikasi diolah menggunakan perhitungan CDQ (Confidence Discrimination Quotient) dan pedoman interpretasi hasil four tier diagnostic test. Hasil penelitian ditemukan miskonsepsi peserta didik dari 6 konsep pada hukum Archimedes. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep massa jenis dengan persentase sebesar 78% dan termasuk dalam miskonsepsi tingkat tinggi. Sedangkan , penyebab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik dikarenakan pembelajaran yang dilakukan secara dalam jaringan serta kurangnya minta belajar dari peserta didik. Kata kunci: four tier diagnostic test, miskonsepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: four tier diagnostic test, miskonsepsi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Ms Robihat Dara yarusy
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:19
Last Modified: 05 Jan 2022 02:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60617

Actions (login required)

View Item View Item