UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MELALUI TEKNIK DEBAT SISWA KELAS X A MA NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR, MUSI BANYUASIN

YUSUF, YUSUF and Ratnawati, Latifah and Izzah, Izzah (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MELALUI TEKNIK DEBAT SISWA KELAS X A MA NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR, MUSI BANYUASIN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_56091002039.pdf] Text
RAMA_88201_56091002039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_02.pdf] Text
RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_03.pdf] Text
RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_04.pdf] Text
RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_05.pdf] Text
RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_06.pdf] Text
RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_06.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_56091002039_0007025502_0010126803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan argumentasi siswa kelas X A MA Nurul Islam Bayung Lencir Musi Banyuasin melalui teknik debat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X A MA Nurul Islam Bayung Lencir Musi Banyuasin melalui teknik debat. Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X A MA Nurul Islam Bayung Lencir Musi Banyuasin yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini berlangsung selama dua bulan yakni bulan April sampai dengan Mei 2014 dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan dan tes mengarang. Indikator dan kriteria keberhasilan tindakan ini dilihat dari segi proses dan produk. Dari segi proses jika > 85% siswa telah menunjukkan keaktifan dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang meliputi, menerima materi pelajaran, keaktifan dalam mengikuti debat, kelogisan argumen yang disampaikan saat debat, mengerjakan tugas, keaktifan dalam tanya jawab, dan memberi kesimpulan dalam hasil belajar. Dari segi produk jika 85% siswa sudah mampu mengarang argumentasi dengan baik yaitu mendapat nilai > 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam menulis karangan argumentasi siswa kelas X A MA Nurul Islam Bayung Lencir Musi Banyuasin melalui teknik debat. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes akhir dan hasil proses pembelajaran setiap siklus yang menunjukkan peningkatan. Penelitian ini berahkir pada siklus 2 karena hasil pembelajaran dan tes akhir siklus 2 telah mencapai kriteria yang telah ditetapkan. Kata kunci: mengarang argumentasi, debat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mengarang argumentasi, debat.
Subjects: L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:16
Last Modified: 19 Jan 2022 04:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60733

Actions (login required)

View Item View Item