KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA PADA MATERI BILANGAN KONTEKS COVID-19 MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI

NURAZIZAH, ISMI and Zulkardi, Zulkardi (2021) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA PADA MATERI BILANGAN KONTEKS COVID-19 MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_0002046104_01_Front_Ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081381823056_0002046104_01_Front_Ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_0002046104_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056_0002046104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_0002046104_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056_0002046104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_0002046104_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056_0002046104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_0002046104_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056_0002046104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_0002046104_06_Ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056_0002046104_06_Ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823056_0002046104_07_Lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823056_0002046104_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal tipe PISA pada materi bilangan dalam konteks COVID-19 menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu 34 siswa dari sebuah sekolah menengah pertama di Palembang, Indonesia. Tes, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Google Meet digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran. Pembelajaran PMRI dilakukan dengan memberikan permasalahan sharing task dan jumping task. Permasalahan tersebut untuk membuat siswa berdiskusi satu sama lain dengan masing�masing permasalahan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, diikuti dengan dua soal ujian. Soal yang digunakan adalah soal tipe PISA konteks COVID-19, Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa adalah 63.037, dengan manipulasi matematika sebagai indikator yang sering muncul. Sebagian besar siswa telah memunculkan indikator mengajukan dugaan. Namun, hanya beberapa siswa yang memunculkan indikator menarik kesimpulan yang logis, maka menarik kesimpulan yang logis merupakan indikator bahwa siswa jarang melihat. Secara keseluruhan, kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal tipe PISA pada materi bilangan konteks COVID-19 menggunakan pendekatan PMRI adalah baik karena siswa terbiasa memodelkan masalah kontekstual sedemikian rupa sehingga indikator manipulasi matematika sering muncul. Kata kunci: Bilangan, COVID-19, kemampuan penalaran matematis, PISA, PMRI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Soal Tipe PISA, COVID-19, PMRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Mrs Ismi Nurazizah
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:05
Last Modified: 11 Jan 2022 08:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60772

Actions (login required)

View Item View Item