DESAIN PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR KUANTITATIF UNTUK SISWA SMA

AMALIA, YUKE RIZKI and Pratiwi, Weni Dwi (2021) DESAIN PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR KUANTITATIF UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_0018045910_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081381823037_0018045910_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (939kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_0018045910_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037_0018045910_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_0018045910_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037_0018045910_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_0018045910_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037_0018045910_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_0018045910_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037_0018045910_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_0018045910_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037_0018045910_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823037_0018045910_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823037_0018045910_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan design research tipe validation studies yang bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada pembelajaran topik geometri materi dimensi tiga untuk mendukung kemampuan berpikir kuantitatif siswa dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Akan dibuat Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang berisi aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan dikelas. Aktivitas yang dibuat juga didampingi oleh lembar kerja peserta didik (LKPD) yang terdiri dari 2 permasalahan untuk mendukung proses pembelajaran. Subjek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 1 Palembang kelas XII MIPA 7 sebanyak 36 orang siswa, sedangkan fokus penelitian yaitu 6 orang siswa. Metode penelitian terdiri dari tiga tahapan yaitu : (1) preparation phase; (2) design experiment yang terbagi menjadi pilot experiment dan teaching experiment; (3) retrospective analysis. Penelitian dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting dan luring. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah dokumen, tes tertulis dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan dan akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang diperoleh dapat berguna untuk mendukung kemampuan berpikir kuantitatif siswa pada materi dimensi tiga dengan indikator yang muncul pada penelitian ini adalah indikator mempertahankan, mengukur ruang dan hubungan spasial, penganalisisan pengintegrasian dan ketepatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Design research, lintasan belajar, dimensi tiga, RMT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Mrs Yuke Rizki Amalia
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:39
Last Modified: 10 Jan 2022 04:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60791

Actions (login required)

View Item View Item