Nora soraya sinabutar, 06011005023 (2015) Pengaruh pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis multikultural terhadap asimilasi budaya siswa di SMA methodist 3 Palembang. PPKn, universitas sriwijaya.
Preview |
Text
Nora Soraya Sinabutar_2015.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKN berbasis multikultural terhadap asimilasi budaya siswa di SMA methodist 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa di SMA methodist 3 Palembang yang berjumlah 118 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria kelas yang memiliki keanekaragaman budaya siswa yang paling beragam, diperoleh kelas 10 1 terdiri dari 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari data hasil observasi sebelum pembelajaran PPKN berbasis multikultural dilaksanakan rata presentasi asimilasi budaya siswa hanya 39. 8% dan setelah pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis multikultural sebesar 95,8% dengan demikian ada perbedaan asimilasi budaya siswa sebelum pembelajaran dan setelah pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis multikultural ditandai dengan terjadinya peningkatan asimilasi budaya siswa sebesar 56%. Didukung dari hasil analisis melalui uji t h 0 ditolak jika sign<a sign =000 dan a=0,5 karena sign <a maka Ho ditolak dan menerima Ha, dengan ha adanya perbedaan asimilasi budaya siswa sebelum pembelajaran PKn berbasis multikultural dan setelah pembelajaran PKn berbasis multikultural
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 06:09 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60796 |
Actions (login required)
View Item |