Pengujian Validitas dan Reliabilitas Model UTAUT 2 dan EUCS Pada Sistem Informasi Akademik

Sukemi, Sukemi (2021) Pengujian Validitas dan Reliabilitas Model UTAUT 2 dan EUCS Pada Sistem Informasi Akademik. Jurnal Media Informatika BUDIDARMA, 5 (3). pp. 1124-1132. ISSN 2614-5278 (media cetak), 2548-8368 (media online)

[thumbnail of Jurnal-MIB.pdf]
Preview
Text
Jurnal-MIB.pdf

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of Cover Pengelola-Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover Pengelola-Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data atau mengukur objek dari suatu penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui instrumen yang dinyatakan valid dan reliabel serta mengetahui variabel dengan nilai validitas dan reliabilitas tertinggi. Pengujian validitas dilakukan untuk mengetahui keefektifan suatu instrumen, sedangkan pengujian reliabilitas dilakukan untuk menunjukkan tingkat kehandalan dari indikator yang digunakan. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan software SmartPLS versi 3.3.2 dengan skala pengukuran yaitu skala likert. Pengujian validitas dilakukan dengan melihat nilai average variance extracted (AVE) dan perbandingan nilai latent variable correlations, sedangkan pada pengujian reliabilitas dengan melihat nilai composite reliability. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang berjumlah 19.260 mahasiswa dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat signifikansi (level of significance) = 5%. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online. Kuesioner dibuat berdasarkan indikator pada model yang digunakan, dimana model yang digunakan yaitu UTAUT 2 dan EUCS. Model UTAUT 2 dapat digunakan untuk mengukur tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem yang terdiri dari variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, perceived value, habit, dan behavioral intention. Selanjutnya, model EUCS adalah digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna yang terdiri dari variabel content, accuracy, format, ease of use, timeliness, dan user satisfaction. Hasil dari pengujian validitas dan reliabilitas menyatakan bahwa semua indikator dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai AVE > 0.50 pada pengujian validitas dan nilai composite reliability > 0.70 pada pengujian reliabilitas. Pengujian validitas dengan nilai tertinggi terdapat pada variabel ease of use dengan nilai AVE yaitu 0.826 dan pengujian reliabilitas dengan nilai tertinggi terdapat pada variabel performance expectancy dengan nilai composite reliability yaitu 0.924. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memperoleh variabel pada model untuk mengevaluasi penerimaan dan kepuasan pengguna terhadap sistem informasi akademik.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 56201-Computer Systems (S1)
Depositing User: Dr. Sukemi Sukemi
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:10
Last Modified: 18 Jan 2022 06:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60861

Actions (login required)

View Item View Item