KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

HASANAH, USWATUN and Sari, Novita (2021) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_0214118901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081381823043_0214118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_0214118901_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043_0214118901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_0214118901_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043_0214118901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_0214118901_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043_0214118901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_0214118901_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043_0214118901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_0214118901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043_0214118901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081381823043_0214118901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081381823043_0214118901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 40 Palembang melalui blended learning berbasis pendekatan PMRI pada materi bentuk aljabar yaitu operasi perkalian dan pembagian bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami, merumuskan, serta menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada materi bentuk aljabar. Pada penelitian ini dibagikan soal tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 40 Palembang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.11. Prosedur pelaksanaan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan terpilihnya tiga orang siswa yaitu berkemampuan tinggi, sedang, rendah. Dari keenam komponen kemampuan literasi matematis, terdapat dua komponen yang paling sering muncul, yaitu (1) komponen komunikasi dan (2) komponen menggunakan bahasa operasi simbol, formal dan teknis. Komponen yang jarang muncul yaitu (1) komponen matematisasi, (2) komponen representasi, (3) komponen penalaran dan argumen serta (4) komponen memilih strategi untuk memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi matematis, blended learning, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Ms. Uswatun Hasanah
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:13
Last Modified: 10 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60938

Actions (login required)

View Item View Item