HIDAYATI, RAHMI and Nurbaya, Nurbaya and Masri, R.H.M. Ali (2013) TEKNIK PERSUASI DALAM WACANA IKLAN KORAN HARIAN KOMPAS PERIODE FEBRUARI 2013. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06091402022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (89MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06091402022_0015085406_0005036803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06091402022_0015085406_0005036803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402022_0015085406_0005036803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402022_0015085406_0005036803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (32MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402022_0015085406_0005036803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402022_0015085406_0005036803_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402022_0015085406_0005036803_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian berjudul teknik persuasi dalam wacana harian Kompas periode Februari 2013 ini dilakukan untuk mengetahui teknik persuasi berdasarkan tindak ilokusi dalamk wacana iklan. Teori yang digunakan dalam menganalisis teknik persuasi adalah teori Keraf. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang di ambil sebanyak 84 iklan, tetapi wacana iklan yang ditemukan berdasarkan teknik persuasi yang dikaitkan dengan tindak ilokusi sebanyak 64 iklan. Data yang digunakan adalah Koran harian Kompas periode Februari 2013. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah teknik yang terdapat dalam metode padan. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik persuasi rasionalsasi yang banyak digunakan yakni sebanyak 32 iklan. Teknik persuasi kompensasi yang paling sedikit digunakan yakni hanya 1 iklan. Implikasi hasil penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia adalah siswa dapat diajak secara langsung membaca, menulis, maupun menanggapi wacana iklan sehinggga siswa dapat mengetahui makna pragmatis suatu wacana dan disarankan wacana iklan surat kabar harian ini dijadikan salah satu acuan dalam pembelajaran bahasa dan sastra di tingkat SMA. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu acuan dalam pengembangan kegiatan majalah dinding dan majalah sekolah. Kata Kunci: Teknik Persuasi, Wacana Iklan Kompas Periode Februari 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Persuasi, Wacana Iklan Kompas Periode Februari 2013 |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:25 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:25 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61050 |
Actions (login required)
View Item |