Noise Removal Pada Citra Digital Menggunakan Metode Gaussian filter.

Sukemi, Sukemi (2019) Noise Removal Pada Citra Digital Menggunakan Metode Gaussian filter. Annual Research Seminar Computer Science and ICT (ARS), 5 (1). pp. 152-156. ISSN 979-587-573-6

[thumbnail of Proseeding-ARS.pdf]
Preview
Text
Proseeding-ARS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover-Pengelola-Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Cover-Pengelola-Daftar isi.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Citra yang dimiliki terkadangmempunyai kualitas yang kurang baik. Sehingga harus dilakukan penghapusan noise untuk memperbaiki kualitas citra. Penghapusan noise pada citra (image filtering) adalah salah satu bagian terpenting dalam pengolahan citra digital. Banyak penelitian yang menggunakan gaussian filter untuk menghilangkan noise pada suatu citra. Pada penelitian ini akan mencari matrix gaussian filter yang paling optimal untuk menghilangkan noise dari suatu citra. Untuk data sampel, penulis mengambil citra lokasi banjir dari website BMKG. Perancangan ini menggunakan gambar statis, lalu pada tahap pertama, citra akan diolah dengan mengubah gambar RGB menjadi gambar Grayscale. Selanjutnya dilakukan tahapan proses noise removal untuk mendapatkan nilai dan waktu proses pada matrix 5x5, 7x7, 9x9. Sehingga mendapatkan hasil untuk perbandingan matrix mana yang paling cepat dalam proses noise removal maupun matrix mana yang paling optimal untuk menghilangkan noise removal.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 56201-Computer Systems (S1)
Depositing User: Dr. Sukemi Sukemi
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:21
Last Modified: 18 Jan 2022 06:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61180

Actions (login required)

View Item View Item