KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS

YUNITA, AYU and Araiku, Jeri (2021) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_0014019103_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081181823064_0014019103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_0014019103_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064_0014019103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_0014019103_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064_0014019103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_0014019103_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064_0014019103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_0014019103_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064_0014019103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_0014019103_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064_0014019103_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823064_0014019103_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823064_0014019103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Siswa perlu memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada saat mempelajari materi himpunan. Penggunaan pembelajaran berbasis HOTS dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran agar siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeksripsikan kemampuan komunikasi matematis setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis HOTS pada materi himpunan kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP IT Al-Fatah Mekar Jaya yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes tertulis yang terdiri dari 3 soal tes, dan wawancara. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa setelah proses pembelajaran menggunakan pembelajaran HOTS pada materi himpunan kelas VII-3 SMP IT Al-Fatah Mekar Jaya berada dalam kategori sedang, dengan persentase rata-ratanya adalah 31,19%. Indikator yang paling banyak muncul adalah “menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar dan indikator menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika”, sedangkan indikator yang paling sedikit muncul adalah “menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram kedalam ide matematika”. Penggunaan pembelajaran berbasis HOTS dapat menjadikan siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Kata-kata kunci: Pembelajaran HOTS, komunikasi matematis, himpunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, himpunan, pembelajaran HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Users 17413 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:14
Last Modified: 18 Jan 2022 04:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61419

Actions (login required)

View Item View Item